Selasa, 22 Februari 2011

Jejaring Sosial Facebook


Yang hampir sudah melekat dengan keseharian orang di Indonesia pada zaman sekarang khususnya anak remaja mungkin bisa dibilang menggunakan jejaring sosial yaitu salah satunya FACEBOOK. Facebook adalah sebuah jejaring sosial yang menghubungkan kita dengan orang-orang di lingkungan sehari-sehari kita seperti kampus,sekolah bahkan dunia. Dalam sebuah situs di internet mengatakan “Facebook merupakan situs peringkat no 1 yang di cari orang indonesia di google search dengan kata kunci facebook,login facebook,cara membuat facebook, dan semua kata yang ada facebook nya.”. Minat dan ketertarikan orang Indonesia sangat tinggi,ini terbukti bahwa Indonesia adalah pengguna facebook terbanyak setelah Amerika. Kenikmatan yang dirasakan dalam berkomunikasi melalui  facebok ini sudah membuat orang yang sekali menggunakannya ketagihan. Ketagihan inilah yang menjadi suatu budaya manusia dan kebudayaan sehari-harinya,mungkin lebih bisa dibilang kebiasaan. Entah kebiasaan buruk atau baik.
Dalam beberapa pemanfaatan,facebook sangat berguna bagi mereka yang kreatif. Contohnya belanja online. Mereka yang berbisnis dibidang tersebut mempromosikan barang – barangnya melalui jejaring sosial facebook,sehingga efisien dalam tenaga dan waktu. Namun facebook bisa menjadi tindak criminal,akhir – akhir ini sering kita mendengar berita penculikan melalui facebook dengan modus si korban berkenalan dengan seseorang (pelaku) yang belum ia kenal sebelumnya,lalu pelaku mengajak korban bertemu,dari situlah tindak penculikan terjadi. Alhasil jejaring sosial facebook banyak menimbulkan pro dan kontra.
Dapat saya simpulkan bahwa facebook memiliki dampak positif dan negatif,hanya bagaimana kitanya saja dalam menggunakan atau memanfaatkan facebook sesuai batas aturannya. Tidak dapat saya pungkiri,facebook sangat membantu saya khusunya dalam berkomunikasi dengan teman yang tinggal berjauhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar